Pentingnya Organisasi dalam Membangun Soft Skill

Pentingnya Organisasi dalam Membangun Soft Skill

21 October 2024



Kabar Maju - Hari ini Jumat 18 Oktober 2024, Ikatan Alumni Teknik Sipil ( IKASILA)menggelar acara pembukaan podcast "Lentera Alumni" yang dihadiri oleh berbagai alumni dan mahasiswa. Acara ini dibuka oleh Bapak Ir. Ahmad Dofir, MT, IPM, perwakilan Program Studi Teknik Sipil. Dalam sambutannya, beliau menekankan harapannya agar Ikatan Alumni semakin eksis dan berkembang, sehingga dapat berkontribusi dalam memajukan dunia pendidikan dan entrepreneurship, serta membangun jaringan yang solid antar alumni.

Tema podcast kali ini adalah "Pentingnya Organisasi dalam Pengembangan Soft Skill." Narasumber utama, Ketua Umum IKASILA Oskar Harris, ST, MT, berbagi pengalamannya tentang manfaat organisasi dalam kariernya Yang saat ini mejabat sebagai Vice President Market Dev. Divisi EPC di PT Nidya Karya. Menurutnya, pengalaman berorganisasi selama masa kuliah sangat berharga dan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat di dunia kerja, '' Berorganisasi di kampus memberikan nilai tambah yang signifikan, karena mengajarkan berbagai aspek penting, seperti cara berpikir kritis dan keterampilan komunikasi. Namun, penting untuk diingat bahwa mahasiswa juga memiliki kewajiban untuk berkomitmen terhadap perkuliahan mereka. Keseimbangan antara organisasi dan studi akademis adalah kunci untuk meraih kesuksesan di kedua bidang tersebut''.

Pembina IKASILA Bapak Irman Hadi Sarsanto, ST juga menambahkan bahwa banyak orang sukses yang pernah terlibat dalam organisasi. Ia menjelaskan bahwa organisasi membantu dalam memahami karakter orang lain dan membangun kepercayaan diri. berdasarkan Narasumber  Richard Gunawan Sukardi, ST mantan aktifis mahasiswa dan ketua pertama Pengabdian Masyarakat sampai saat ini manfaat oranisasi sangat di rasakan saat di dunia kerja, karena mengkoordinir Tim di lapangan dan menyelesaikan setiap tantangan dapat yang selalu berkembang.

Dengan harapan ke depan, podcast Lentera Alumni dapat menjadi sarana informasi, berbagi ilmu, dan membangun jaringan alumni untuk mendukung perkembangan di era digital. Acara ini diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak alumni untuk terlibat aktif dan saling mendukung dalam berbagai bidang.