Kembali Berwisata Indonesia (KEMBERIN) Gelar Rapat Kerja Nasional untuk Majukan Industri Pariwisata Indonesia

Kembali Berwisata Indonesia (KEMBERIN) Gelar Rapat Kerja Nasional untuk Majukan Industri Pariwisata Indonesia

21 May 2024


Kabar Maju – Dewan Pengurus Pusat Kembali Berwisata Indonesia (KEMBERIN) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang ketiga di Lembang, Jawa Barat. Acara ini dihadiri oleh sekitar 50 peserta undangan, termasuk Dewan Pembina, Dewan Penasihat, Dewan Pengurus, dan Anggota Aktif KEMBERIN serta Disbudpar kota Bandung dan Disparbud Jawa Barat bersama dengan para sponsor kegiatan. 

KEMBERIN merupakan asosiasi pelaku usaha muda di bidang pariwisata. Asosiasi ini dikelola secara mandiri, independen, dan profesional, dengan tetap memperhatikan unsur-unsur sosial dan kemasyarakatan demi kemajuan pariwisata di Indonesia.

Ketua Umum KEMBERIN, Sean Richard Bangun, dalam sambutannya menegaskan komitmen KEMBERIN untuk berkolaborasi dengan pemerintah dan swasta dalam memajukan industri pariwisata Indonesia. “KEMBERIN siap bersinergi dengan semua pihak untuk mewujudkan pariwisata Indonesia yang lebih maju dan berkelanjutan,” ujar Sean. Ia menambahkan, "Melalui Rakernas ini, kami berharap dapat merumuskan strategi-strategi inovatif yang mampu meningkatkan kualitas dan daya saing pariwisata Indonesia."

Ketua Panitia Rakernas, Iksan Wahyu, juga menyampaikan harapannya, "Rakernas ini menjadi momentum penting bagi KEMBERIN untuk memperkuat jaringan dan kolaborasi dengan berbagai pihak. Kami yakin, bersama-sama kita bisa membuat industri pariwisata Indonesia lebih kompetitif dan menarik bagi wisatawan lokal maupun internasional."

Rachmat Julio selaku sekretaris jenderal dari KEMBERIN dan juga selaku founder dari Anjani Umroh sebagai sponsor utama menyatakan “Saya bangga dengan progress KEMBERIN yang sudah sejauh ini, semoga KEMBERIN menjadi asosiasi yang memberikan dampak positif bagi pariwisata indonesia dan dapat mewujudkan mimpinya sebagai asosiasi validator untuk para travel agent serta tour operator dalam waktu dekat “

Dukungan dari Berbagai Pihak

Rakernas KEMBERIN mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah dan pelaku usaha pariwisata.

Perwakilan J&C Cookies menyatakan, “Kami senang sekali diundang dan bersyukur bisa bersilaturahmi dengan banyak teman dari berbagai bidang usaha. Semoga kedepannya kita bisa bersilaturahmi lagi dan ditunggu untuk kolaborasi bersama J&C Cookies.”

The Lodge Maribaya juga menyambut baik acara ini dengan menyatakan, “Kami sangat terbuka dan siap mendukung setiap kegiatan acara KEMBERIN. Ditunggu tripnya dan kedatangannya di The Lodge Maribaya.”

Disbudpar Kota Bandung mengungkapkan komitmennya untuk berkolaborasi, “Siapapun komunitas yang ingin berkolaborasi dengan Disbudpar pasti akan kami bantu. Apalagi ini membantu wisatawan untuk datang ke Indonesia, khususnya wisatawan yang berwisata di kota Bandung. Ke depan, kami tunggu kolaborasinya bersama KEMBERIN dan Disbudpar Kota Bandung pasti membuka peluang dan sangat senang jika nanti KEMBERIN kedepannya bisa berkolaborasi dengan kami.”

Disparbud Jawa Barat juga menyatakan apresiasinya, “Kami mengapresiasi KEMBERIN karena dengan adanya KEMBERIN, mudah-mudahan pariwisata di Jawa Barat semakin berkembang dan membanggakan. Kami juga mengapresiasi KEMBERIN karena bisa menjadi asosiasi yang membanggakan bagi wisatawan dan bisa lebih mengenal wisatawan, destinasi, dan semua terkait pariwisata di Jawa Barat. Sekali lagi kami mengapresiasi KEMBERIN dan semoga terus sukses, terus maju, dan terus bisa membanggakan wisatawan dan pariwisata di Jawa Barat.”

Visi dan Misi KEMBERIN

KEMBERIN memiliki visi untuk mewujudkan pariwisata Indonesia yang berdaya saing global dengan meningkatkan kualitas pelaku usaha muda di bidang pariwisata. Misi KEMBERIN adalah:

  1. Menjadi wadah pemersatu bagi seluruh pelaku usaha muda di bidang pariwisata

  2. Meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan integritas pelaku usaha muda di bidang pariwisata melalu sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan berkala

  3. Mempromosikan destinasi wisata secara kreatif dan inovatif oleh pelaku usaha muda di bidang pariwisata

  4. Berkolaborasi dan bersinergi dengan stakeholder daerah untuk memajukan perekonomian di daerah.

Dengan semangat dan komitmen yang kuat, KEMBERIN siap menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang untuk memajukan industri pariwisata Indonesia ke arah yang lebih baik.