Whatsapp Terus Tingkatkan Fitur Keamanan

Whatsapp Terus Tingkatkan Fitur Keamanan

29 June 2023


Kabar Maju - WhatsApp memiliki berbagai fitur keamanan yang dirancang untuk membantu pengguna terhindar dari penipuan. Salah satu fitur baru yang disebut "Silence Unknown Callers" akan mengurangi gangguan panggilan dari nomor asing atau tidak dikenal yang menghubungi pengguna.

Meskipun fitur ini tidak sepenuhnya menghilangkan panggilan dari nomor asing, pengguna masih akan menerima panggilan WhatsApp dari nomor asing yang belum tersimpan di ponsel mereka. Namun, panggilan dari nomor tersebut akan dibisukan atau berada dalam mode senyap.


Pengguna dapat memeriksa panggilan-panggilan tersebut dalam daftar panggilan atau call list. Dengan demikian, pengguna WhatsApp tetap mengetahui nomor yang masuk dan dapat menentukan apakah nomor tersebut penting dan belum tersimpan dalam daftar kontak atau benar-benar nomor asing.


Aktivasi fitur baru ini sangatlah sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:


  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih opsi "Settings" untuk aplikasi WhatsApp di iPhone.
  3. Pilih tiga titik di pojok kanan atas, kemudian pilih opsi "Settings" untuk HP Android.
  4. Pilih opsi "Privacy".
  5. Klik pilihan "Calls" dan geser "Silence Unknown Calls" menjadi aktif.


Selain "Silence Unknown Callers", WhatsApp juga baru-baru ini memperkenalkan fitur keamanan lain yang disebut "Privacy Checkup". Fitur ini memberikan pengguna kekuasaan untuk mengatur pengaturan privasi mereka saat berinteraksi di platform tersebut.


Pengguna dapat memilih siapa saja yang dapat menghubungi mereka dan mengatur informasi yang ditampilkan di WhatsApp.


"Fitur ini bertujuan untuk memperkuat keamanan pada pesan, panggilan, dan informasi pribadi lainnya," kata WhatsApp dalam keterangan resminya yang dikutip dari Engadget pada Senin, 26 Juni 2023.


Salah satu kemampuan yang ditampilkan oleh Privacy Checkup adalah "Chat Lock". Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelompokkan pesan dalam satu folder yang benar-benar rahasia agar tidak dapat diintip oleh orang lain.


"Dengan Chat Lock, Anda dapat mengirim pesan secara pribadi kepada teman Anda," tulis WhatsApp dalam iklannya.


Fitur Chat Lock memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan dan mengunci chat di WhatsApp. Pesan dari nomor WhatsApp dan grup WhatsApp tertentu dapat dilindungi dari orang lain menggunakan sidik jari atau pemindaian wajah.


Chat Lock akan menyembunyikan chat yang dipilih dalam satu folder. Folder Chat Lock akan muncul di bagian paling atas dalam daftar chat di aplikasi WhatsApp.


Untuk membuka nomor WhatsApp dan grup WhatsApp yang ada dalam folder Chat Lock, pengguna harus membuka kunci menggunakan fitur keamanan biometrik seperti sidik jari atau pemindaian wajah.


Chat yang masuk juga akan lebih tersembunyi karena WhatsApp tidak akan menampilkan notifikasi seperti biasanya. Chat baru hanya akan ditampilkan sebagai "WhatsApp: