Untuk Menjaga Mental, Remaja Gen - Z di Amerika Kembali ke Fitur Ponsel

Untuk Menjaga Mental, Remaja Gen - Z di Amerika Kembali ke Fitur Ponsel

05 May 2023


Kabar Maju - Generasi Z atau Gen-Z di Amerika Serikat belakangan ini beralih dari smartphone ke ponsel fitur atau feature phone. Feature phone merupakan ponsel yang memiliki fungsi dan fitur yang jauh lebih sederhana ketimbang smartphone, digunakan untuk melakukan panggilan telepon dan pesan saja.


Beberapa anak muda dari Gen-Z mengungkapkan bahwa penggunaan feature phone dapat membatasi waktu penggunaan layar dan menjaga kesehatan mental mereka. Mereka menganggap penggunaan smartphone memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap kesehatan mental seseorang, khususnya pada kalangan remaja. Sejumlah pakar juga mengimbau setiap orang tua untuk mulai mengedukasi dan membatasi kebiasaan penggunaan smartphone pada anak, bukan berarti menghentikan penggunaan smartphone sepenuhnya, melainkan mengajak anak untuk rehat sejenak dari layar.


HMD Global selaku pemegang lisensi smartphone Nokia, salah satu vendor feature phone dengan model lipat dan model biasa, mengungkapkan bahwa feature phone model lipat terjual puluhan ribu unit setiap bulannya. Namun, di saat yang bersamaan, feature phone model reguler mengalami penurunan penjualan. Selain Nokia, terdapat juga dua vendor feature phone yang cukup diminati di AS, yakni Punkt dan Light.


Mereka menawarkan perangkat yang memiliki fitur dan fungsi yang sangat sederhana. Bahkan, model perangkatnya juga kecil. Para produsen feature phone berharap bahwa masyarakat akan terus menghargai kesederhanaan yang mereka tawarkan dan memilih untuk menggunakan feature phone sebagai alternatif dari penggunaan smartphone yang berlebihan.