Usai Resmi Keluar Dari Gerindra, PPP Ajak Sandiaga Berjuang Bersama

Usai Resmi Keluar Dari Gerindra, PPP Ajak Sandiaga Berjuang Bersama

25 April 2023

Kabar Maju - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno resmi keluar dari Partai Gerindra pada hari Ahad, 23 April 2023. Pelaksana tugas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono mengajak Sandiaga, yang sudah kenal baik dengan partainya, untuk bergabung dan berjuang bersama PPP.


Mardiono mengatakan bahwa dia optimistis Sandiaga akan bergabung dengan partai tersebut. Namun, ia menyebutkan bahwa hanya Sandiaga yang bisa meyakinkan dirinya sendiri untuk bergabung ke PPP.


"Itu haknya Pak Sandiaga, beliau bilang tentu ada proses istikharah. Itu nanti terserah Pak Sandiaga apakah akan bergabung ke PPP. Saya sebagai yang diberi amanah memimpin PPP, selamat datang," ujar Mardiono.


Sebelumnya, Sandiaga Uno menemui Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Saat itu, Sandiaga berbicara secara tertutup dengan Dasco untuk menyampaikan sejumlah pemikirannya sekaligus pamit dari Partai Gerindra.


Mengingat masih dalam momen Lebaran, Sandiaga turut meminta maaf dalam pertemuan tersebut. Ia berharap silaturahmi dapat terus terjalin dengan Wakil Ketua DPR itu.


"Tadi saya sempat berbicara secara tertutup dengan Bang Dasco. Saya menyampaikan beberapa pemikiran sekaligus juga meminta maaf jika selama ini ada kesalahan. Mudah-mudahan, di momen Lebaran ini, kita bisa mempererat silaturahim. Intinya, saya pamit," kata Sandiaga di kediaman Dasco, Jakarta Selatan, pada Ahad, 23 April 2023.


Pada Sabtu, 22 April 2023, Sandiaga bertemu dengan Prabowo. Momen ini disebut-sebut sebagai ajang Sandiaga untuk berpamitan kepada Prabowo dari Partai Gerindra.


Sandiaga menjelaskan bahwa ada etika dan mekanisme dalam parpol, termasuk saat hendak mengundurkan diri. Oleh karena itu, kendati telah bertemu dan berkomunikasi dengan Prabowo secara informal, surat resmi harus diserahkan kepada pengurus partai.


"Tentu saja semua ada mekanisme, administrasi, etika, hormat kepada yang saya sangat teladani, yaitu Pak Prabowo. Saya telah berjuang bersama Pak Prabowo dan apa yang saya rasakan, saya tulis dalam surat itu dan saya sampaikan ke Pak Dasco," kata Sandiaga.


Sementara itu, Dasco tidak menampik bahwa pertemuan dengan Sandiaga membahas kabar perpindahan Sandiaga dari Partai Gerindra. Sandiaga sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.