5 Makanan Khas Singapura yang Harus Dicicipi Saat Berkunjung

5 Makanan Khas Singapura yang Harus Dicicipi Saat Berkunjung

29 March 2023


Singapura dikenal sebagai negara yang memiliki jumlah imigran yang sangat banyak dari berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, China, Filipina, dan India. Kehadiran mereka di Singapura menciptakan keanekaragaman budaya yang sangat menarik untuk dipelajari. Selain itu, kehadiran para imigran juga mempengaruhi kuliner Singapura dengan adanya beragam jenis makanan khas dari negara asal mereka.


Saat berkunjung ke Singapura, ada beberapa makanan khas yang harus kamu cicipi. Berikut adalah beberapa di antaranya:


  1. Hokkien Prawn Mee

Mie goreng ini diseduh dalam stok aromatik yang terbuat dari kepala udang dan terdiri dari udang, cumi-cumi, dan telur. Terdapat 2 jenis mie yang bisa kamu pesan, yaitu mie kuning dan "bee hoon". Meskipun biasanya mie ini mengandung daging babi, beberapa kedai juga menyediakan opsi daging ayam.


  1. Kaya Toast

Cemilan ini sangat populer di kalangan orang Singapura. Roti dipanggang dan dilapisi dengan mentega dingin. Kemudian, roti akan dioles dengan selai kaya yang terbuat dari campuran kelapa dan telur. Biasanya, roti ini disajikan dengan 2 butir telur rebus setengah matang sebagai sarapan pagi.


  1. Carrot Cake

Hidangan ini sebenarnya tidak mengandung wortel sama sekali. Bahan utama dari kue ini adalah tepung beras dan lobak putih. Lobak putih di Singapura sering disebut wortel putih, sehingga hidangan ini dinamakan Carrot Cake. Campuran di kukus, kemudian dipotong dadu dan digoreng dengan bawang putih, telur, dan lobak yang diawetkan yang disebut "chai poh".


  1. Roti Prata

Roti prata terbuat dari adonan yang diulur dengan ghee (mentega di India) dan kemudian digoreng. Biasanya roti ini disajikan dengan berbagai jenis kari, seperti kari ayam, kari daging, dan kari kambing.


  1. Singapore Chicken Rice

Metode memasak makanan ini didapat dari Hainan yang diadaptasi oleh orang Singapura. Ayam direndam dalam air mendidih atau direbus sampai matang sepenuhnya. Sebelum direbus, ayam dimasukan terlebih dulu ke air dingin. Metode ini percaya dapat membuat daging menjadi empuk.


Kamu dapat menemukan semua jenis makanan di atas di Hawker Center, tempat makan lokal yang biasanya terletak di lantai dasar apartemen lokal Singapura. Dengan mengeluarkan uang $2.5 - $5 SGD (Dollar Singapura), kamu bisa menikmati berbagai jenis makanan lokal ini.


Singapura memiliki banyak hal yang menarik untuk ditawarkan, dan makanan khasnya adalah salah satunya. Jangan lupa untuk mencicipi 5 hidangan di atas saat berkunjung ke Singapura!